Jumat, 09 Agustus 2019

Jarang Diketahui Orang..!!! Inilah 12 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.



Siapa sih yang tidak kenal dengan bawang putih. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Allium sativum ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh. Tidak hanya menjadi bahan wajib makanan (bumbu dapur) di rumah, ternyata tanaman yang masuk dalam genus Allium ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat bawang putih seperti yang telah dirangkum oleh team HealthyMoe.

      A.     Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan 

      1.      Mencegah dan Mengurangi resiko Kanker



Bawang putih dipercaya dapat mencegah dan menurunkan resiko terkena kanker. Karena mengandung sulfur bioaktif yang berasal dari zat aktif Allicin yang terkandung di dalamnya. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat senyawa tersebut dapat mencegah dan menghambat terbentuknya kanker karena senyawa tersebut berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat persebaran sel jahat.
Dengan memakan bawang putih mentah mentah diyakini akan lebih efektif ketimbang memakanya dalam keadaan sudah di masak, karena pengolahan pada bawang dapat menghilangkan kandungan nutrisi dan zat penting lainya.

      2.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata dapat menurunkan tekanan darah Loh.. Bawang putih memiliki  kandungan Antioksidan dan kandungan polisulfida yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10 mmHg hanya dalam waktu 3 bulan. Kandungan polsulfida ini terbukti dapat menbantu melegakan dan membuka pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah yang terlalu tinggi.

3. Membasmi Kolesterol Jahat 


Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata bawang merah juga dapat mengurangi kolesterol jahat loh.. Menurut keterangan dari radarmalang.id, (6/8/2018). Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 10 gram bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan baik.

      4.      Mengobati Keputihan



Apa.? Bawang putih bisa mengobati keputihan.? Ya, benar. Bahkan bawang putih sudah menjadi resep herbal dari nenek moyang untuk mengobati keputihan. Bagaimana bisa.? Tentu bisa, karena bawang putih mengandung zat antibakteri dan antijamur yang paling baik dan dipercaya dapat menangani masalah jamur dan bakteri secara alami.

Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih:
-Siapkan satu suing bawang putih berukuran sedang.
-Belah bawang putih menjadi tiga bagian.
-Minum potongan bawang putih tersebut tiga kali dalam sehari.

      5.      Meningkatkan Imunitas dan Metabolisme


Bawang putih juga dipercaya sebagai obat peningkat imunitas dan metabolisme alami. Memang tidak mengejutkan, karena bawang putih memiliki karakteristik antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Bahkan bawang putih juga terkenal sebagai detoxin alami paling ampuh untuk melawan infeksi, bakteri, dan jamur.

      6.      Menurunkan Berat Badan


Bagi anda yang sedang dalam program diet. Mungkin bumbu dapur yang satu ini bisa dijadikan sebagai sarana alternative untuk anda. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, The Journal Of Nutrition mengemukakan bahwa bawang putih dapat membantu membakar lemak. Anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsinya secara langsung (mentah), meminumnya dalam bentuk ekstrak, atau mencampurkanya sebagai bumbu masak.

      7.      Mengobati Sinusitis


Apa itu Sinusitis.? Sinusitis adalah kondisi atau keadaan dimana rongga disekitar hidung mengalami peradangan. Dan bawang putih bisa menjadi obat alami dari masalah tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan belerang atau yang biasa disebut zat Allicin yang terkandung didalamnya mampu mengeringkan lendir akibat sinusitis.

Dikutip dari Sindonews. Cara membuat ramuan Bawang Putih
-Siapkan 5-6 siung bawang putih, 1 sdm air perasan lemon, 1 bawang merah, 2-3 lobak, 1 sdm madu.
-Kupas bawang putih, bawang merah, dan lobak,
-Potong ketiga bahan menjadi potongan kecil.
-Rebus ketiga bahan selama 15 menit
-Saring cairannya
-Tambahkan madu dan perasan air lemon

      8.      Mengobati Flu


Dengan kandungan antioksidan didalamnya, bawang putih ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat flu loh. Minyak bawang yang terkandung di dalamnya juga dapat melegakan saluran pernapasan yang akan membantu ketika terserang penyakit flu.

Dikutip dari Health Me Up, (13/6/2015). Berikut cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat flu.
-Siapkan bawang putih.
-Kupas kulit semua bawang putih.
-masukkan ke dalam botol dan tambahkan madu.
-Biarkan selama satu minggu dan simpan dalam lemari es.
-Makan 2-3 siung setiap terserang flu.

      9.      Meningkatkan Seksualitas



Beneran.? Iya, dikutip dari Fimela.com, (23/9/2018). Bahawa sudah pernah ada peneliatian yang membuktikan khasiat dari bawang putih ini gengs. Diujikan pada 42 peserta yang disuguhi makanan yang mengandung bawang putih dan hasilnya meningkat hingga 70% gengs. Hal ini dikarenakan kandungan Allicin didalam bawang putih yang dapat memperlancar peredaran darah disekitar organ seksual.

Cara membuat jamu:
-Siapkan bawang, telur ayam kampung, dan madu.
-campurkan ketiga bahan tersebut.
-Minum.

     10.  Mencegah Masuk Angin


Siapa coba yang tidak kenal dengan masuk angin.? Penyakit endemik negara Indonesia ini sudah menjadi masalah  yang merakyat di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak faktor penyebab masuk angin, mulai dari pola makan yang tidak teratur, kehujanan, begadang, dan masih banyak lagi. Tapi apakah kalian tahu.? Bahwa masuk angin  bisa dicegah dengan bawang putih.?

Cara mengatasi gejala  masuk angina:
-Siapkan bawang putih 1-2 biji.
-Geprek (remukkan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya).
-Letakkan geprekan bawang putih kedalam gelas.
-Seduh dengan air panas, kemudian tutup gelasnya dan biarkan selama lima menit.
-minum sebelum airnya dingin.

      B.      Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan

1    1.  Menyuburkan Rambut


Percaya tidak percaya. Tapi, bawang putih diyakini dapat memperbaiki masalah rambut rusak dan menyuburkan rambut. Menurut data dari beritagar.id,  batas standar kerontokan rambut yang sehat adalah 50-100 helai perhari. Jika melebihi, itu tandanya jika rambut dalam kondisi yang kurang sehat. Untuk mengatasi maasalah tersebut, kalian bisa mencoba resep herbal alami.

Cara membuat resep herbal penyubur rambut:
-Siapkan bawang putih, kemudian kupas.
-tekan tekan bawang putih sampai menghasilkan satu sendok  jus.
-campurkan jus bawang dengan sesendok madu, dan dinginkan sebentar di dalam kulkas.
-Tambahkan sebuah kuning telur dan aduk hingga rata.
-Campur dengan gel lidah buaya.

1    2.  Mencegah dan Membasmi Jerawat


Jika kalian memiliki masalah dengan yang satu ini, Kalian bisa membuktikanya dengan mengkonsumsi 1-2 siung bawang mentah seminggu sekali. Dengan pengaplikasian yang rutin, diyakini bisa membantu masalah jerawat anda dengan cepat.

Itulah beberapa manfaat bawang putih. Tidak terduga ya, ternyata yang selama ini kita anggap hanya sebagai bahan wajib makanan saja, memiliki manfaat dan khasiaat yang sebegitu banyaknya.
Semoga artikel ini bisa  bermanfaat dan jika ada yang mau menambahkan bisa langsung tulis di kolom komentar ya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar